Support By

Senin, 28 Maret 2011

Melindungi Data Dari Copy Paste Ke Flashdisk

FlashDisk saat ini merupakan benda personal yang dimiliki banyak orang. Biasanya mereka menggunakannya untuk menyimpan gambar, data pekerjaan, file penting atau lainnya. Bahkan untuk beberapa program yang Portable bisa dibuka langsung dari Flashdisk tanpa perlu install di Komputer. Saat ini penggunaan flashdisk sudah banyak sekali. Jika komputer anda mempunyai banyak data penting dan paling tidak ingin jika orang lain bisa dengan sembarangan mengcopy file atau data-data penting dengan flashdisk, mengunci drive tersebut adalah ide yang tepat. Sebenarnya ada beberap tool atau software yang bisa dipergunakan untuk mengunci drive tersebut. Namun kali ini yang akan kita lakukan adalah tweak registry yang ada di komputer kita (solusi murah meriah).
Caranya :
Klik menu Start > Run.
Pada kotak dialog Run ketikkan regedit, lalu klik OK.
Setelah masuk ke dalam jendela registry, cari alamat : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Control\StorageDevicePolicies.
Jika Folder StorageDevicePolicies belum ada di dalam registry, kita bisa membuatnya dengan cara klik folder Control > Klik kanan pilih New > Key ketik StorageDevicePolicies.
Buat DWORD Value, caranya klik Folder StorageDevicePolicies klik kanan > New > DWORD Value beri nama WriteProtect . Kemudian dobel klik pada WriteProtect dan beri nilai 1 pada value data.
Kemudian restart komputer anda kini data-data anda lebih aman dan tidak bisa dipindahkan ke Flashdisk. Untuk memastikan kalau proteksi telah bekerja, silahkan anda coba mengcopy data dari komputer ke flashdisk anda.
Untuk mengembalikannya (bisa copas) ganti pada value data pada WriteProtect menjadi 0

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar